Jumat, 22 Mei 2015

Kriteria Manager Baik


Manager adalah orang yang memimpin suatu kelompok dalam melakukan manajemen terhadap suatu hal. Sedangkan manajemen menurut id.wikipedia.org adalah "Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.". Dari definisi-definisi tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa seorang manager memiliki tanggung jawab penuh terhadap orang-orang yang dimanajemeninya dalam mencapai suatu tujuan tertentu yang meliputi tugas perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrollan terhadap sumber dayanya.


Salah satu survei dari salaryexplorer.com menyebutkan bahwa tingkat stress seorang manager IT berada pada peringkat ketigas. Seperti gambar dibawah ini :

Pekerjaan yang paling membuat stress adalah pekerjaan seorang  IT manager. Untuk kawasan Indonesia sendiri, menurut pengalaman dan artikel yang sering saya dapatkan bahwa banyak para IT manager khususnya yang masih banyak kurang baik karena seringkali membebani bawahannya untuk masalah - masalah yang sebetulnya seorang manager memahami namun tidak peduli. Kemampuan insting dan analisis dari seorang manager IT diperlukan sangat keras. Tanggung jawab, beban pekerjaan anak buahnya, permasalah dalam tim harus bisa dikelola dan dicairkan untuk dapat memecahkan solusinya. Seorang manager harus memiliki jiwa "Ibu" untuk bawahannya sehingga bawahan dapat merasakan kenyamana dan ketenangan dalam menyelesaikan permasalah tim. 

Pengalaman seorang manager diperlukan sangat tinggi karena anak buah akan selalu berharap kepada seorang manager terkait pengalamannya. Bersama anak buah seorang manager harus mampu menjaga keharmonisan dan stabilitas tim. Hendaklah seorang manager memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman menjadi anak buah dalam dunia yang dimanajerinya sehingga bisa saling mengerti dan tahu kendala yang dihadapinya.

Salam hangat open source :D

Sumber dan Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar