Selasa, 30 Juni 2015

Profesi IT

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini, telah banyak melahirkan bidang profesi baru dibidang IT. Tidak sedikit calon mahasiswa mengambil jurusan yang berkaitan dengan profesi dibidang IT. Bidang IT banyak yang menilai merupakan bidang pekerjaan yang dapat dikatakan "berlimpah" penghasilannya, meskipun anggapan tersebut tidak selamanya benar. Tidak sedikit "oknum" memasarkan aplikasi dengan harga yang sangat murah sehingga dapat dikatakan menjatuhkan harga pasaran. Namun tak perlu ragu dengan yang demikian, pasalnya ada harga ada rupa.

Profesi dibidang IT pun banyak ragamnya. Penjurusan perkuliahan untuk calon mahasiswa juga banyak macamnya tentunya untuk tujuan yang berbeda - beda, yaitu :
  1. Teknologi Informasi
  2. Sistem Informasi
  3. Sistem Komputer
  4. Komputer Science
Dalam setiap jurusan tersebut juga banyak lagi bidang - bidang yang dapat dihasilkan. Khususnya dalam bidang TI, berikut adalah macam - macam bidang di dunia TI :
  1. Programmer adalah seorang yang berkerja dalam membuat aplikasi yang berhubungan langsung dengan teknik pembuatan program.
  2. IT Support adalah seorang yang bekerja dalam mendukung sistem IT dan menjaga agar sistem dapat tetap berjalan normal yaitu dengan menjaga perangkat keras dan lunak serta menjaga jaringannya.
  3. Software Engineer adalah seorang yang bekerja dalam memproduksi perangkat lunak pada saat awal pembuatan hingga tahapan pemeliharaan.
  4. Database Administrator adalah seorang yang bekerja untuk mendesain, memelihara basis data yang digunakan oleh sistem IT.
  5. System Analyst adalah seorang yang bekerja dalam menganalisa sistem yang akan diimplementasikan.
  6. Network Engineer adalah seorang yang bekerja dalam merancang serta memelihara jaringan komputer.
Dalam bidang IT terdapat asosiasi ACM (Association for Computing Machinery) yaitu sebuah asosiasi dalam permesinan komputer yang didirikan pada tahun 1947.  ACM sendiri telah memiliki lebih dari 78.000 anggota. Kegiatan ACM adalah mendukung kegiatan yang berhubungan dengan bidang komputer. ACM memiliki kompetitor utama yaitu IEEE.

IEEE adalah suatu organisai internasional yang mendukung perkembangan teknologi untuk kemajuan manusia. IEEE beranggotakan para insinyur TI. IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.


 Sumber dan Referensi :
http://gundar.agarirs.com/2014/05/jenis-jenis-profesi-dan-deskripsi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Association_for_Computing_Machinery
https://id.wikipedia.org/wiki/Institute_of_Electrical_and_Electronics_Engineers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar